My Jurney

Long Life Education

Saturday, October 1, 2011

Sebal dengan Matematika ? Coba Lihat Sisi Ajaibnya Yuuk ....(untuk anak-anakku yang masih sebal atau bahkan benci terhadap Matematika)

-->Berikut ini sebagian kecil saja dari keajaiban matematika yang diciptakanNya, karena sebenarnya masih banyak lagi keajaiban lainnya yang selayaknya membuat kita akan semakin terpesona pada keagungan Sang Pencipta Yang Maha Kuasa, yaitu Allah SWT.
1.Bilangan Dalam tanda akar
     Menurut pengalaman, adaa saja siswa yang merasa bete kalau sudah ketemu bilangan dalam tanda akar padahal tidak semua bikin bete lho...misalnya dalam operasi bilangan akar pangkat dua jika di kuadratkan akan hilang tanda akarnya, begitupun bilangan akar pangkat empat, jika dipangkatkan empat maka hilang tanda akarnya.

      2.Tripel Pythagoras
Ada tiga buah bilangan ajaib yang merupakan komponen yang menunjukkan panjang sisi-sisi sebuah segitiga siku-siku yang disebut tripel Pythagoras yaitu rangkaian tiga buah bilangan asli dimana bilangan terbesar merupakan jumlah kuadrat dari dua buah bilangan lain dan merupakan sisi segitiga siku-siku yang terpanjang (hipotenusa). Contohnya :

     a)      3,4,5 (dan kelipatannya : 6,8,10 / 9,12,15 / 12,16,20 dan seterusnya...kalau ga percaya cek saja...) kalau males ceknya pake kalkulator saja kalau males juga jangan pengen tau keajaiban matematika he..he...

     b)      5,12,13 ( dan kelipatannya : 10,24,26 / 15,36,39 / 20,48,52 dan seterusnya...)

     c)      7,24,25 ( dan kelipatannya : 14,48,50 / 21,72,75 / 28,96,100 dan seterusnya...)

     d)      8,15,17 ( dan kelipatannya : 16,30,34 / 24,45,51 / 32,60,68 dan seterusnya...)

     Selanjutnya bisa kalian lihat sendiri deh  di wikipedia

3. Bilangan-Bilangan Ajaib
Contoh : 12.345.679 adalah bilangan ajaib, sebab :

               12.345.679 x 9     = 111.111.111

               12.345.679 x 18   = 222.222.222

               12.345.679 x 27  = 333.333.333,
Nah sudah dapat dipelajari keterkaitannya...? selidiki perkalian bilangan tersebut dengan 36, 45, 54 , dst ?

Jadi bagaimana ? masih sebal dengan matematika...? rugi kalau begitu, ajak teman terdekatmu yang hobby matematika untuk mengenal lebih dekat keajaiban-keajaiban diatas, kalau berhasil pastilah tidak akan sebal lagi dengan matematika. Tidak percaya...? Coba saja....
(Sumber : Buku "Matematika Asyik ,Catur Supatmono")
Post a Comment