My Jurney

Long Life Education

Saturday, October 1, 2011

Sebal dengan Matematika ? Coba Lihat Sisi Ajaibnya Yuuk ....(untuk anak-anakku yang masih sebal atau bahkan benci terhadap Matematika)

-->Berikut ini sebagian kecil saja dari keajaiban matematika yang diciptakanNya, karena sebenarnya masih banyak lagi keajaiban lainnya yang selayaknya membuat kita akan semakin terpesona pada keagungan Sang Pencipta Yang Maha Kuasa, yaitu Allah SWT.
1.Bilangan Dalam tanda akar
     Menurut pengalaman, adaa saja siswa yang merasa bete kalau sudah ketemu bilangan dalam tanda akar padahal tidak semua bikin bete lho...misalnya dalam operasi bilangan akar pangkat dua jika di kuadratkan akan hilang tanda akarnya, begitupun bilangan akar pangkat empat, jika dipangkatkan empat maka hilang tanda akarnya.

      2.Tripel Pythagoras
Ada tiga buah bilangan ajaib yang merupakan komponen yang menunjukkan panjang sisi-sisi sebuah segitiga siku-siku yang disebut tripel Pythagoras yaitu rangkaian tiga buah bilangan asli dimana bilangan terbesar merupakan jumlah kuadrat dari dua buah bilangan lain dan merupakan sisi segitiga siku-siku yang terpanjang (hipotenusa). Contohnya :

     a)      3,4,5 (dan kelipatannya : 6,8,10 / 9,12,15 / 12,16,20 dan seterusnya...kalau ga percaya cek saja...) kalau males ceknya pake kalkulator saja kalau males juga jangan pengen tau keajaiban matematika he..he...

     b)      5,12,13 ( dan kelipatannya : 10,24,26 / 15,36,39 / 20,48,52 dan seterusnya...)

     c)      7,24,25 ( dan kelipatannya : 14,48,50 / 21,72,75 / 28,96,100 dan seterusnya...)

     d)      8,15,17 ( dan kelipatannya : 16,30,34 / 24,45,51 / 32,60,68 dan seterusnya...)

     Selanjutnya bisa kalian lihat sendiri deh  di wikipedia

3. Bilangan-Bilangan Ajaib
Contoh : 12.345.679 adalah bilangan ajaib, sebab :

               12.345.679 x 9     = 111.111.111

               12.345.679 x 18   = 222.222.222

               12.345.679 x 27  = 333.333.333,
Nah sudah dapat dipelajari keterkaitannya...? selidiki perkalian bilangan tersebut dengan 36, 45, 54 , dst ?

Jadi bagaimana ? masih sebal dengan matematika...? rugi kalau begitu, ajak teman terdekatmu yang hobby matematika untuk mengenal lebih dekat keajaiban-keajaiban diatas, kalau berhasil pastilah tidak akan sebal lagi dengan matematika. Tidak percaya...? Coba saja....
(Sumber : Buku "Matematika Asyik ,Catur Supatmono")

9 comments:

ekaraharja said...

nah lho...sy baru tahu indah dan ajaibnya(ko ada ya angka ajaib dll..)...padahal sejak SD ampe kuliah..gak pernah lepas dari matematika...Ulasan yg menarik bu...

deep yudha said...

Makasih Mas Eka...kalau ada pemilihan pengunjung setia, sementara ini saya pilih mas Eka deh he..he...sebagian keajaiban saya temukan dari buku, kadang saya menemukan sendiri dari proses utak-atik, karena saya kadang kehabisan trik untuk menarik perhatian siswa yang "ora iya, ora embuh" bae karena terlalu yakin dia "tidak berbakat" atau terlalu yakin "matematika betul-betul sulit" bagi dia. Jadilah saya mencoba menempatkan diri saya seperti dia yang perlu daya tarik ekstra mungkin dari matematika. Saya coba fikir-fikir, lihat-lihat, atau baca-baca lagi supaya dapat inspirasi baru yang dapat saya tularkan pada mereka... Semoga saja ada hasilnya...trims sekali lagi Mas...

Om Rame said...

secara pribadi, saya sih enggak sebaL sama peLajaran matematika. tapi sebaLnya sama gurunya, kecuaLi yang ngajar Ibu Lilis, karena beLiau adaLah caLon mertua saya. hihihihihihi........ (njungkeL - guLing-guLingan - ndeLosor - ngumpet di koLong meja takut diLempar kapur)

deep yudha said...

ha..ha...ha...beli kuat bae ama bloger yang satu ini ( keukeuh banget yaa pengen jadi calon mantu saya qi..qi..), dimanapun dikau berkomentar minimalnya pasti bikin saya senyum-senyum...apalagi kalau sudah ber adu koment ama bu Ayuk ( nampaknya bu Ayuk lagi asyik nyusun tesis tuh ) wah perngeyelan nya bikin saya ngakak deh...Ok trims ya Uncle memang bener jargon di blog nya "Walaupun tidak ganteng, tapi ngangenin" ha..ha...

ekaraharja said...

yg saya ketahui, tulisan seseorang merupakan sesuatu yg dihasilkan dari perenungannya terhadap sesuatu yg mereflesikan mindsetnya...
sy hanyalah seorang biasa yg ingin menjadi seorang yg "lebih" dengan cara mengetahui bagaimana alur berpikir orang2 yg menurut sy "lebih"...salah satu caranya dengan membaca tulisannya itu...

deep yudha said...

he..he..menarik juga diskusi dengan Mas Eka nih, saya setuju bahwa kita akan menjadi seorang yang "lebih" dengan cara mengetahui bagaimana alur berfikir orang2 yang menurut kita "lebih" yang tertuang lewat tulisan2nnya. Sejak SMP waktu di Tasikmalaya, saya sudah menjadi anggota perpustakaan umum karena hobby membaca saya. Mungkin kebiaasaan ayah saya untuk mendongeng sebelum tidur dan kebiasaan ibu saya membawa bahan bacaan ke rumah turut menyuburkan kegemaran membaca kami. Begitupun guru bahasa Indonesia kami sejak SMP ikut andil dalam hal ini. Buku2 karya penulis seperti Buya Hamka, La Rose, NH Dini, Ikeu Supomo, Dr Karl May, Barbara Cartland, Ian Fleming sampai Sidney Sheldon, adalah sebagian besar yang menginspirasi pemikiran saya.
Oleh sebab itu di jaman berkembangnya teknologie yang demikian pesat, saat mana kita akan dengan mudah dapat mengakses bacaan dari jenis apapun via internet selain bangga dan senang disisi lain sebagai pendidik merasa benar-benar khawatir pada peserta didik saya yang usianya masih remaja, dengan rasa ingin taunya yang demikian besar. Takutnya dengan segala kemudahan dalam proses perolehan informasi yg serba instan, lantas mereka terjebak menemukan tulisan2 yang hanya informatif tetapi tidak edukatif. Kalau kata kepala sekolah saya, para peserta didik kita mendapatkan serbuan kurikulum global yang dapat mereka temui darimana saja, siapa saja diluar sekolah dan rumah, dan salahsatunya adalah dari internet ini. Mungkin juga lewat blog-blog dan situs-situs yang kita tidak tau sepenuhnya apakah dapat dipertanggung jawabkan kontennya atau tidak...Masih menurut kepala sekolah saya, sebagai orang tua dan pendidik kita harus mengawal mereka, selain dengan tidak bosan2 mengarahkan mereka, tentu juga berusaha dengan do'a.
Wah maaf komentar saya menyaingi postingan aslinya...senang bisa berdiskusi disini ..Trims ya Mas.

Anonymous said...

Ibu saya sudah membaca "Sisi Ajaib Matematika" dan itu membuat saya jadi tambah suka dengan Matematika :D
Diajeng Putri - IXD

deep yudha said...

QAlhamdulillah syukurlah...tularkan yaa pada temen yang lain terutama yang masih nampak bete dengan matematika....

royyan said...

Yang saya baru simpulkan sementara adalah matematika memiliki keajaiban 3 hal.
Semoga bertambah lagi keajaiban matematika yang ke 4, 5, 6 ... dst dari postingan Ibu.