My Jurney

Long Life Education

Wednesday, December 4, 2013

MUTIARA KATA UNTUK GURU TENTANG PENDIDIKAN






Guru adalah ujung tombak keberhasilan pendidikan di sekolah. Sepandai apapun seorang siswa, peran guru tetap sangat penting sebagai pendidik dan pembimbing. Sekolah favorit dengan prestasi yang bagus sudah tentu memiliki guru yang berkualitas. Oleh sebab itu perjuangan, inovasi dan kreasi para guru untuk memajukkan pendidikan Bangsa ini harus kita dukung. Jika bangsa ini dipimpin oleh generasi yang cerdas dan berahlak mulia sudah tentu kita ikut merasakan dampak positifnya.

Berikut ini kumpulan kata mutiara pendidikan untuk guru, yang saya petik dari berbagai sumber semoga bermanfaat untuk dijadikan bahan RENUNGAN jika perlu : 
1."Yang penting bukan bagaimana caramu hidup, Tapi hidup siapa yang kamu ubah dengan hidupmu.
Seorang majikan bisa memberitahumu apa yang ia harapkan darimu, Tapi seorang Guru membangkitkan pengharapanmu sendiri". (Patricia Neal).
2. "Peranmu sebagai pemimpin itu jauh lebih penting dari apa yang kau bayangkan. Kau (guru) memiliki kekuasaan untuk membantu orang menjadi sang juara  ".(Ken Blanchard)
3. "Setiap kebenaran memiliki 4 sudut; sebagai seorang guru, saya memberimu 1 sudut, dan 3 sudut lainnya kau cari sendiri ".(Confucious).
4."Aku bukan seoarang Guru, hanya sesama musafir yang kau tanyai arah. Aku menujuk ke arah depan—kedepan diriku sendiri dan ke depan dirimu. "(George Bernard Shaw)
5." Guru yang baik tidak pernah bilang muridnya bodoh, tapi guru yang baik selalu bilang, 'Muridku belum bisa'. 
Apa yang ingin dipelajari murid, Sama pentingnya dengan apa yang ingin diajarkan Guru (Lois E.LeBar)
6."Teknologi hanya sebuah alat. Dalam hal membuat siswa bekerja sama dan menjadikan mereka termotivasi, gurulah yang paling utama ".(Bill Gates)
7."Saya percaya bahwa guru terhebat adalah seniman terhebat dan saya percaya hanya sedikit sekali seniman yang hebat. Mengajar mungkin adalah seni terhebat karena medianya adalah jiwa dan akal manusian". (John Steinback)
8."Anak-anak di dalam kelas kita, mutlak lebih penting daripada pelajaran yang kita ajarkan kepada mereka "(Meladee McCArty)
9."Orang yang belajar sendiri biasanya memiliki guru dan siswa yang buruk." (Henny Yongman)
10."Seni mengajar dalah seni membantu penemuan." (Mark Van Doren)
11."Hanya satu di antara seribu orang yang bisa sukses tanpa bantuan guru."(Bodhidharma)





Kata bijak tentang pendidikan diatas merupakan pesan-pesan dari beberapa orang kepada para guru. Semoga saja bisa menjadi pencerahan, pada pera pendidik bangsa ini agar lebih semangat untuk meningkatkan kecerdasan para generasi penerus bangsa kita. Amiin Yaa Robbal Alamin.....



No comments: