My Jurney

Long Life Education

Friday, May 14, 2010

Pentingnya Disiplin atau Mentaati Peraturan

Mengetahui sebuah aturan dan mentaatinya adalah sangat penting dalam upaya mencapai tujuan yang berhubungan dengan aturan terkait. Dalam kehidupan kita, dimana-mana akan kita temui aturan dan peraturan  baik itu "tersurat" atau hanya "tersirat". Contohnya : ada aturan minum atau pemakaian obat, ada aturan penggunaan sebuah alat, ada aturan main dalam permainan atau games, dan sebagainya.
Sudah banyak kejadian-kejadian fatal yang bahkan sampai merenggut nyawa akibat orang melanggar aturan atau peraturan atau disiplin. Contoh ringan misalnya seseorang menggunakan obat batuk sirop tanpa membaca aturan pakai, dia oles2kan obat batuk itu di lehernya dengan harapan menghangatkan dan mengurangi batuknya. Anda bisa bayangkan apa yang terjadi ? he..he..yang ini contoh lebai yang kemungkinannya sangat kecil dan saya hanya ingin membuat anda senyum senyum membacanya. Ada lagi seseorang yang menggunakan alat tanpa mengetahui atau lupa aturan penggunaannya, misalnya dalam penggunaan magic com alat menanak nasi listrik pernah anak saya masak nasi tapi lupa pijit tombol cook maka jadilah seisi rumah tidak bisa saur karena nasinya tidak matang.
Di sekolah juga seperti kita ketahui ada aturan2 seperti yang saya baca pada artikel "Disiplin Siswa Di Sekolah ". Dalam artikel itu disebutkan bahwa "Seorang siswa dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah tidak akan lepas dari berbagai peraturan dan tata tertib yang diberlakukan di sekolahnya, dan setiap siswa dituntut untuk dapat berperilaku sesuai dengan aturan dan tata tertib yang yang berlaku di sekolahnya. Kepatuhan dan ketaatan siswa terhadap berbagai aturan dan tata tertib yang yang berlaku di sekolahnya itu biasa disebut disiplin siswa"
Kembali pada tujuan adanya aturan atau peraturan, adanya aturan penggunaan pemakaian obat misalnya tentu saja agar penggunaan obat lebih efektif. Bayangkan apabila kita minum obat hanya satu kali sehari padahal aturannya adalah tiga kali sehari ? Demikian juga keberadaan aturan di sekolah pasti punya tujuan yang baik, diantaranya adalah untuk mengefektifkan pencapai tujuan Sekolah. Oleh sebab itu apabila ada siswa yang sulit mencapai tujuan2 yang telah dicanangkan sekolah dan disepakati bersama mungkin saja karena dia tidak disiplin di sekolahnya.Nah bagaimana dengan anda ? apkaha anda sudah merasa cukup disiplin di sekolah anda ?.







Post a Comment