My Jurney

Long Life Education

Tuesday, June 15, 2010

In Memoriam "Gizka Putri Agustina Sahetapy"

Inna lillahi wa inna ilaihi roojiun, telah berpulang ke Rachmatullah dengan tenang Gizka Putri Agustina pada hari Jum’at tanggal 11 Juni 2010 ,jam 03.30 dini hari setelah menjalani operasi tiga jam di ruang ICU RSPAD DR Suyoto Jakarta. Sebelumnya selama tiga bulan almarhum mengalami radang otak dan sejak kecil mengalami hipo tiroid (kekurangan hormon tiroid). Dewi Yull, ibundanya tercinta bangga karena Gizka tidak pernah meratapi nasib meski sering didera sakit kepala hebat. Sebaliknya dalam sakit itu sang buah hati selalu meminta ampun kepada Allah. “Itulah yang membuat saya ikhlas dunia akhirat dengan kepergiannya. Insya Allah, dia akan dijaga oleh penjaga yang lebih sempurna daripada saya” demikian Dewi Yull menambahkan pada sebuah tim berita “Status Selebriti”.

Tidak salah jika Dewi Yull sebagai ibunda Gizka atau lengkapnya Gizka Puteri Agustina Sahetapy merasa bangga. Seperti kita tau Gizka yang merupakan putri aktor Ray Sahetapy hasil perkawinan dengan Dewi Yull ini , mengalami tuna wicara cacat sejak lahir tetapi memiliki kemampuan lebih hingga mengantarkannya sebagai duta wicara nasional.
Saat Gizka sedang dirawat di rumah sakit mantan suaminya Donny sempat datang dan menjaganya.Pria berkacamata ini mengaku meski keduanya sudah bercerai hubungan mereka tetap berjalan baik. Keduanya juga memutuskan untuk membesarkan anak bersama. Donny mengaku Gizka menitipkan pesan terakhir kepadanya untuk menjaga putra mereka semata wayangnya. Selanjutnya Donny mengakui tidak akan pernah bisa melupakan kenangannya selama menjalani rumah tagganya dengan almarhumah karena Gizka adalah wanita yang sempurna dan terbaik menurutnya. Bagi Doni, mendiang mantan isterinya itu adalah sosok yang lemah lembut. Karakter itu pula yang membuat Farid, adik kandung aktor Didi Riyadi, jatuh cinta kepada Gisca."Dia adalah seorang wanita yang tangguh, kuat, dan sangat penyayang. Mungkin kata-kata nggak cukup untuk menggambarkan sosoknya. Tapi aku yang pernah menjalani hubungan dengan Gisca, udah bisa melihat sendiri bagaimana kelembutan dan kebaikannya," ucap Farid mantan kekasih Gisca itu.

Sementara itu kepada wartawan infoteimen Dewi Yull bercerita selain sangat akrab dengan putrinya itu ,Dewi Yull juga menganggap Gisca sebagai guru kehidupan baginya karena dia perlihatkan bagaimana lkhlas menerima kekurangan dan bersyukur atas segala kelebihan yang dia miliki.Sekitar lima bulan sebelum sakit almarhumah Gizka bahkan sempat mengemukakan keinginannya membelikan rumah untuk putranya .Ternyata almarhumah mengasuransikan jiwanya sehingga ketika dia tiada pun dia mampu meninggalkan suatu hal yang berarti menandakan rasa tanggung jawab bagi putranya itu.Kendatipun dia hanya seorang wanita yang tidak sempurna, bahkan kepada adiknya Rama Putra Sahetapy ,almarhumah sempat berpesan untuk menerima apa adanya segala hal yang terjadi di dunia ini walaupun itu tidak menyenangkan.
Entahlah selalu ada rasa yang menyesakkan dada setiap kali saya melihat kembali berita berpulangnya Gizka.Sudah lama juga saya kagum dengan cara mendidik ibundanya, Dewi Yull hingga seorang Gizka bisa tumbuh jadi gadis remaja yang bijak menyikapi keterbatasannya.Banyak hal yang dapat saya jadikan cermin dari perjalanan hidup almarhumah bersama ibundanya. Dalam keterbatasan yang dia miliki, dia tetap tampil penuh percaya diri dan selalu riang. Padahal kita yang terlahir dengan fisik serba sempurna, disadari atau tidak seringkali hanya mengedepankan keluhan demi keluhan. Hingga kadang lupa bersyukur bahkan seringkali cenderung hanya menyia-nyiakan saja segala apa yang sudah kita miliki.
Selamat jalan Gizka, kau adalah guru kehidupan bagi kami semua, walau usiamu hanya sampai 28 tahun tetapi betapa banyak hal berarti yang telah kau jalani dengan penuh bijak. Menghibur dan membuat bangga ibunda dalam segala keterbatasan yang kau sandang . Doa kami menyertaimu semoga kau khusnul khotimah , amiin Yaa Robbal alamin.
Post a Comment