My Jurney

Long Life Education

Tuesday, February 22, 2011

Tehnik Mengelompokkan Siswa ( Grouping ).

Dalam proses belajar mengajar (pbm) kadang diperlukan pengelompokkan siswa, baik itu untuk pbm di kelas (diskusi sampai dengan presentasi) maupun di luar kelas (survey, observasi, penelitian, percobaan, praktikum, dll). Tehnik pengelompokkan yang baik akan membantu siswa dalam :
      -    Mengenal lebih dekat karakter teman hingga bisa belajar toleransi
-          Belajar bersosialisasi dengan teman-teman sekelasnya.
-          Mengurangi gap antar teman (jika ada)
-            Mendalami materi ajar
Diantara tehnik pengelompokkan yang bisa dipakai adalah, berdasarkan :
-  Hobby yang dimiliki siswa
-  Jarak antara rumah dan sekolah siswa (di urut dari yang terdekat sampai yang terjauh), kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai kesepakatan.
            -      Bulan kelahiran siswa, diurut dari Januari sampai Desember, kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok (bisa juga berdasarkan tanggal lahir dari tanggal 1-31)
       -     Tinggi badan siswa diurut dari yang paling tinggi atau sebaliknya, (bisa juga berdasarkan berat badan).
        -    Informasi dari bahan ajar sesuai bahan yang sedang diajarkan , misalnya dalam pelajaran biologi kelas VII SMP bisa berdasarkan klasifikasi tumbuhan atau hewan, di kelas VIII bisa berdasarkan nama-nama alat metabolisme tubuh manusia, dst. Atau dalam pelajaran matematika kelas VII semester satu berdasarkan jenis bilangan, nama operasi hitung dan sebagainya.
Dengan cara ini karena antar siswa jadi tau hobby, jarak rumah, tinggi badan dan data lain tentang temannya, diharapkan mereka bisa saling mengenal lebih dalam dan menambah keakraban diantara mereka sehingga dapat juga mengatasi kesulitan belajar antar teman.

Dalam pengelompokkan berdasarkan bahan ajar, guru perlu menyiapkan sedikit properti atau alat bantu secara khsusus. Misalnya untuk matematika kelas VII semester dua sedang membahas jenis bidang datar dan telah tau jenis himpunan bilangan, maka tehnik pengelompokkan bisa menggunakan data-data itu. Caranya dengan menuliskan data tersebut pada kertas karton putih (agar tidak mudah rusak, dan bisa digunakan lagi di lain kesempatan ) berukuran 4cm x 2cm atau sesuai keinginan anda. Untuk efisiensi, dalam satu kertas bisa ditulis tiga jenis data agar dapat digunakan untuk tiga kali pengelompokkan. Dengan melibatkan data-data  bahan ajar pada tehnik pengelompokkan ini, diharapkan siswa pun dapat terlibat lebih dalam dengan materi ajar itu sendiri dan mengenal secara konsep.
Penggantian anggota kelompok, perlu dilakukan secara berkala agar siswa dapat belajar menerima teman dari berbagai latar belakang, jadi tidak memilih-milih teman. Dengan cara ini diharapkan akan dapat mengurangi kemungkinan adanya siswa yang minder atau pun yang over confiden. 
Demikian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba….


Post a Comment