My Jurney

Long Life Education

Wednesday, February 16, 2011

Pengalaman Mengikuti Pelatihan Guru di AlJabr Education Center


Memenuhi janji untuk berbagi pengalaman ketika penulis mengikuti pelatihan guru selama kurang lebih dua belas minggu dimulai tanggal 21 September 2010 bertempat di Yayasan Al Jabar Education Center (baca "Mendapat Kejutan Manis di Hari Jum'at")  Saya bersama tiga guru utusan Provinsi Jabar lainnya yang berasal dari kabupaten dan kodya Bandung mendapat kehormatan diantar langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Bapak Prof.Dr H. Moh Wahyudin Zarkasyi, CPA ke tempat pelatihan di wilayah Jakarta Selatan. 
Tempat kami menerima pelatihan, juga adalah merupakan sebuah Yayasan Sekolah Islam Internasional . Profil Sekolah Islam Al Jabr ini seperti yang saya baca di website nya adalah merupakan sekolah dwi bahasa (Indonesia - Inggris) yang bertaraf Internasional dengan suasana yang akrab, nyaman dan penuh perhatian dari para pendidik, sehingga diharapkan dapat menjadikan siswa menjadi individu yang kaya ilmu, bertanggung jawab, mencintai lingkungan dan menjalankan kehidupan yang bersifat Islami. Jika ingin tahu lebih lengkap tentang Yayasan Al Jabr ini silahkan buka saja web site nya yang beralamat di www.aljabrschool.com.
Peserta kegiatan ini adalah guru-guru mulai guru TK, SD, SMP bahkan ada kepala sekolah yang semuanya berjumlah dua puluh tiga orang berasal dari daerah Aceh, Medan, Padang, Jawa Barat, Kalimantan, NTB, dan Papua. Seperti yang saya kutip dari hand out yang dibagikan kepada peserta pada saat pembukaan di hari pertama, tujuan dari penyelenggaraan pelatihan guru ini adalah untuk membuka wawasan dan membantu guru dalam menyampaikan kurikulum yang relevan dan berhubungan dengan kehidupan anak di sekolah-sekolah seluruh Indonesia sehingga baik siswa maupun guru siap untuk menghadapi abad ke-21. Selain itu tujuan program pelatihan ini juga untuk membangun perpektif baru dan menjadikan guru pembelajar sepanjang hayat yang reflektif.
Selain mendapat pelatihan berupa workshop, kami juga mendapat kesempatan untuk melakukan observasi di kelas di lingkungan sekolah Islam Internasional Al Jabr dan melakukan praktek mengajar sebagai ajang latihan mengimplementasikan teori-teori yang kami peroleh pada saat workshop. Sungguh merupakan pelatihan terlengkap diantara pelatihan-pelatihan yang pernah saya peroleh selama saya menjadi guru. Disini kami benar-benar mendapat pengalaman berharga yang membuka wawasan tentang Pendidikan dan Pembelajaran abad 21 yang mempunyai ciri antara lain :
- Berfokus pada pemupukan potensi unggul setiap peserta didik.
- Memperhatikan berbagai kecerdasan yang dimiliki peserta didik.
- Mengajarkan life skills.
- Sistem penilaian berbasis portofolio hasil karya siswa.
- Pembelajaran berbasis kehidupan nyata dan praktik di lapangan.
- Guru lebih berperan sebagai motivator dan fasilitator agar peserta didik dapat mengembangkan bakat dan minatnya masing-masing.
- Pembelajaran berdasarkan pada kemampuan, gaya belajar dan perkembangan psikologis masing-masing peserta didik.
Agar anda tidak menjadi bosan mengikuti pengalaman pelatihan saya ini, materi pelatihan secara detail mungkin akan saya bagi pada kesempatan lain menjadi beberapa postingan mendatang dengan harapan semoga bermanfaat bagi rekan-rekan guru lain di tanah air.

8 comments:

P1_secret agents'class said...

alhamdulilah,banyak ilmu dan pengalaman yang didapat dr sekolah kami,tapi kami juga sangat bersyukur bisa kenal dan berinteraksi dengan teman2 yang sangat menyenangkan,inspiratif dan antusias.. kangen deh sama semuanya,sepi mess atas tanpa canda tawa kalian smua..
lots of love,
tee

deep yudha said...

Wah akhirnya pengunjung dari Al Jabr School datang juga.....makasih telah mampir tentu saja kami mendapat banyak hal berharga sebagai bekal menjadi guru di abad 21. Sampaikan salam hormat saya kepada bapak Riza beserta ibu, Mr.Andrew dan Mrs. Helen serta tentor-tentor muda berbakat dan sangat profesional lainnya. Ini mis Tiara ata mis Dwi yaa ? sungguh secret nih he..he...

Sriayu said...

keren Bu sharingnya. Sangat bermanfaat buat guru kampung seperti saya.
BTW..aiii makin kinclong aj blog na...
Keep on posting

Salam Blogger

deep yudha said...

Makasih Bu Ayuk sudah mampir lagi, siapa bilang bu Ayuk ibu guru kampung ? wah blog nya canggih gitu. Btw saya juga berharap dari apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi teman-teman guru di mana saja berada. Alhamdulillah blog saya agak lebih kinclong dari sebelumnya karena termotivasi oleh blog ibu Ayuk yang canggih juga blog teman-teman guru lain yang saya kunjungi...

Asep said...

Wah mantaps kalau begitu ya sudah banyak ilmunya

deep yudha said...

Makasih Kang Asep, banyak sih belum tapi sedang mencoba mencarinya terus....trims kunjungannya.....

feralysnovauli said...

mantap juga nih Mami Bro....jadi semakin semangat juga kita yang muda untuk rajin menulis...pengalaman Guru yang paling baik bukan...Al Jabr, memberikan banyak pengalaman...

deep yudha said...

wow bu Fera...satu kehormatan nih mendapat kunjunganmu he..he..jadi inget dan kangen kebersamaan kita di mess...diskusi, masak, olahraga bersama sampai nangis bareng di malam perpisahan. Kapan lagi kita bisa pelatihan segitu lamanya yaa...gimana, sudah sampai mana blognya...? salam buat anandamu dan papahnya yaa...trims sudah mampir ....