My Jurney

Long Life Education

Wednesday, February 9, 2011

Menyelami Lebih Dalam Matematika dengan The Six Thinking Hats ( Enam Topi Berfikir )


Enam Topi Berfikir adalah sebuah metode yang diciptakan oleh Edward de Bono dalam bukunya “The Six Thinking Hats” dimana Edward de Bono memperkenalkan cara berfikir yang keluar dari kebiasaan berfikir diri sendiri dan mencoba menggunakan pemikiran orang lain. Enam Topi Berfikir ini digambarkan dengan enam topi yang terdiri dari enam warna yaitu :
1. Topi Putih, menggambarkan suatu fakta atau informasi dari realita yang ada.
2. Topi Merah, menggambarkan inisiatif yang timbul setelah melihat fakta yang ada.
3. Topi Biru, menggambarkan sebuah proses yang terjadi
4. Topi Hijau, menggambarkan kreatifitas yang muncul
5. Topi Kuning, menggambarkan tinjauan positif tentang sebuah fakta
6. Topi Hitam, menggambarkan tinjauan negatif tentang sebuah fakta

Dengan menggunakan metode ini diharapkan para pembelajar terlatih untuk dapat lebih dalam memaknai suatu materi pembelajaran. Sebagai contoh, seorang guru matematika yang ingin mengetahui tentang cara berfikir siswanya di kelas 7 SMP tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat dan Sifat- Sifatnya, maka guru tersebut harus dapat mendorong siswanya tersebut untuk berfikir tentang hal tersebut dengan enam cara berfikir. Misalnya :1. Dengan Topi Putih : Siswa mengenal fakta bahwa pada Operasi Hitung Bilangan Bulat ada beberapa sifat yang harus dikenali.
2. Dengan Topi Merah : Siswa diharapkan punya inisiatif dalm mengaplikasikan pengetahuan tentang sifat-sifat operasi hitung tersebut hingga dapat mempermudah perhitungan.
3. Dengan Topi Biru : Siswa dapat menyimpulkan bahwa dengan mengetahui dan mencoba dengan proses menggunakan sifat-sifat operasi hitung, ternyata matematika terasa menjadi lebih mudah.
4. Dengan Topi Hijau : Siswa punya ide kreatif dalam memilih langkah-langkah termudah dalam pengerjaan operasi hitung matematika.
5. Dengan Topi Kuning : Siswa mengetahui hal-hal terbaik apa yang telah mereka pelajari tentang operasi hitung pada bilangan bulat dengan sifat-sifatnya tersebut.
6. Dengan Topi Hitam : Siswa mengenali kesulitan apa yang ditemui dalam proses pembelajaran tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat Dengan Sifat-Sifatnya , dan akan dia fikirkan sebagai tantangan dan bukan hambatan.

Nah jika anda bukan guru matematika silahkan anda mencoba pada mata pelajaran yang anda ampu. Dan jika anda adalah siswa SMP yang selama ini merasa kewalahan dengan mata pelajaran matematika, cobalah anda gunakan enam cara berpikir ala Edward de Bono ini, siapa tahu anda dapat lebih menyelami bahwa mata pelajaran matematika tidak sesulit yang anda duga atau rasakan atau anda fikirkan selama ini.
Selamat mencoba.
Post a Comment