My Jurney

Long Life Education

Friday, February 25, 2011

Gallery Work

Gallery Work adalah tempat memajang hasil pekerjaan, di ruang kelas sebaiknya disediakan tempat untuk memajang hasil karya siswa. Baik itu hasil kerja individu maupun hasil kerja kelompok. Guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang biasanya sering menugasi siswanya membuat karya tulis berupa cerpen, puisi, kliping maupun jenis karya tulis lain sebaiknya kemudian memberi kesempatan memajang karya mereka pada gallery work yang ditempatkan di tempat yang strategis di dalam kelas maupun di luar kelas. Tehnis pemajangan mungkin bisa disepakati bersama, apakah yang dipajang itu karya terbaik sesuai kriteria penilaian yang sebelumnya telah disampaikan oleh guru atau ada kesepakatan lain.

Guru mata pelajaran lain tentu saja juga dapat menerapkan strategi ini, seperti dalam mata pelajaran matematika misalnya, bisa juga memajang hasil karya siswa berupa chart tentang bagian-bagian lingkaran ( kelas VIII SMP di semester 2 ), skema penemuan rumus, gambar-gambar matematis hasil browsing dari internet yang telah di print out dan dimodifikasi oleh siswa, contoh-contoh bentuk bangun ruang sisi datar, kerangka bangun ruang sisi datar, dan lain sebagainya. Sehingga benda-benda matematis menjadi lebih akrab dengan para siswa dan lebih mendekati kontekstual learning.
Keuntungan dari adanya gallery work di seputar kelas bagi siswa antara lain adalah :
-         Memotivasi siswa untuk membiasakan mengerjakan tugas se sempurna mungkin agar layak dipajang dan dilihat teman-temannya.
-         Menanamkan kebanggaan karena hasil karyanya dipajang dan dapat bermanfaat, baik bagi dirinya maupun bagi teman-temannya
-         Mempunyai kesempatan menyampaikan gagasan dalam karya nyata
-         Alat bantu pengenalan dan pendalaman materi
Bentuk gallery work itu sendiri bisa berupa papan pajang sederhana maupun yang sudah dilapisi karpet untuk mempermudah menempelkan hasil karya siswa tersebut, ataupun berupa etalase atau lemari pajang apabila  memungkinkan. Semoga hal ini dapat diupayakan oleh pihak sekolah ataupun pihak-pihak pemerhati pendidikan. Sudah saatnya kepentingan pendidikan bukan hanya diperhatikan oleh warga sekolah saja, melainkan juga oleh orang tua siswa, tokoh masyarakat dan pihak-pihak lain. Semoga......
Post a Comment