My Jurney

Long Life Education

Friday, September 9, 2011

SOSIALISASI PERUBAHAN IKLIM BAGI PETANI NELAYAN DAN MASYARAKAT UMUM MELALUI PROGRAM RADIO (bag. 3)

Pada bagian ini saya masih akan mencoba menyampaikan kembali paparan bapak Prof.Dr Edvin tentang beberapa hasil survey terhadap para petani dan nelayan di Indramayu, diantaranya adalah “Pendapat Petani di Indramayu Mengenai Dampak Perubahan Iklim terhadap Kegiatan Pertanian". Seperti pernah diulas pada artikel terkait yaitu  "Workshop Uji Coba Model Bahan Ajar Pendidikan Perubahan Iklim Untuk SD, SMP, SMA (bag.2)", bahwa ada dampak perubahan iklim bagi petani dan nelayan. Demikian juga yang dirasakan oleh para petani dan nelayan di Indramayu seperti yang tergambar dalam hasil survey berikut :
Dampak Perubahan Iklim Terhadap Kegiatan Pertanian
      Beberapa tahun terakhir ini, terutama tahun 2010 ini terjadi perubahan cuaca/iklim yang sangat signifikan, ditandai dengan hari hujan semakin banyak, intensitas hujan tinggi.
      Pada  tahun 2004 pernah terjadi banjir besar yang menghancurkan sawah-sawah mereka.
      Terjadi peningkatan OPT (organisme pengganggu tanaman) atau biasa disebut hama dan gulma.
      Gulma pun semakin banyak. Banyaknya air menyebabkan berbagai macam rumput tumbuh subur di sawah.
      Peningkatan OPT tentunya menyebabkan hasil panen menjadi berkurang.
      Untuk menghilangkan/membasmi OPT tersebut petani harus mengeluarkan biaya tambahan yang lumayan besar pestisida, insektisida, dan herbisida.
Penggunaan pestisida, insektisida, dan herbisida yang tinggi menyebabkan tanah semakin bantat, susah diolah, dan berkurang kesuburannya
      ..


Demikian gambaran tentang para petani dan nelayan di Indramayu yang sudah demikian tanggap terhadap perubahan iklim, sehingga langkah-langkah nya dalam merespon baik berupa mitigasi maupun adaptasi sudah cukup terarah, tinggal ditingkatkan lagi kelengkapan sarana prasarana sebagai alat penunjang menghadapi semuanya itu. Semua nya ini tentu saja tidak terlepas dari kerjasama berbagai pihak dalam upaya mensosialisikan tentang perubahan iklim ini secara konsisten dan berkesinambungan…(bersambung…).
Post a Comment