My Jurney

Long Life Education

Thursday, August 26, 2010

Tentang Guru dan Dosen

Dalam blog walking kali ini saya mampir di blog Dr. Uhar Suharsaputra karena tertarik dengan tulisan tentang Guru/ Dosen.
Menurut Dr Uhar Suharsaputra dalam tulisannya yang berjudul :"Pengalaman Dan Pengalamaan",Guru atau Dosen adalah merupakan ujung tombak dalam upaya mendorong proses belajar dan menggali ilmu pengetahuan seorang siswa. Guru/dosen tidak hanya bercerita, menjelaskan dan mendemontrasikan, tapi juga harus mampu memberi inspirasi untuk bertumbuh kembangnya manusia-manusia pembelajar yang secara efektif dapat belajar dari semua pengalaman manusia lain.
Guru/Dosen merupakan profesi yang mendesain masa depan, dan upaya untuk lebih baik dalam menjalankan peran kependidikan merupakan proses tiada henti.

Dr Uhar selanjutnya mengutip pendapat " William Arthur Ward" ,menurut William Arhtur Ward ada 4 tipe Guru yaitu :

1.The mediocre teacher tells (Guru biasa, berceritera),

2.The good teacher explains (Guru yang baik, menjelaskan),

3.The superior teacher demonstrate (Guru superior, mendemonstrasikan),

4.The great teacher inspire (Guru yang hebat, senantiasa memberi inspirasi),

Kita ingin menjadi yang mana ? Tentu saja keputusan ada di tangan kita sendiri-sendiri, bagaimana dengan anda ?

[ Catatan : William Arhurd Ward adalah salah satu penulis Amerika yang paling inspiratif yang telah menulis lebih dari 100 artikel Popoler ]

11 comments:

Sriayu said...

Idealnya sih yg no. 4 Bu. Tapi utk mencapai level itu penuh perjuangan ya. Jangan mnyerah... gitu kan kata penyanyi idola ibu. ha ha ha..!
Anyway...sekarang ini ad 1 hal yg memprihatinkan lo Bu. Jk kita cermati semakin tinggi tingkat pendidikan, semakin 'tak terkendali' jg budaya copast. Jk sdh begini, membentuk 'karakter' siswa (seperti yg sekarang d dengung2 kan)seperti lingkaran setan. Karena tenaga pendidiknya pun tdk berkarakter. Tdk tau hrs dari mana dibenahi. It's so complicated...! huuufff...!!
Menurut Ibu...??

deep yudha said...

Betul bu, nampaknya hidup di jaman ini harus benar2 punya multi energi karena seringkali kita dihadapkan pada banyak hal yang "dilematis"...kadang kita ada dalam satu sistim yg membuat kita jadi "serba salah" tapi semoga tidak membuat jadi salah langkah ya Bu....ssst Bu Ayuk gimana udah bereksperimen dengan rendangnya ? makasih bu sudah mampir...Uncle kemana nih bu ?

Om Rame said...

disiniii...
seorang guru juga memiLiki beberapa LeveL yah, baru tau nih.
daLam persepsi saya, waLaupun baru berada di LeveL satu (pada point-1) toh bisa memang memahami dan menguasainya, saya kira itu Lbh baik dari yg berada di LeveL teratas namum kondisi pemahamannya masih berjaLan sempoyongan.

baju barunya beLum di pake nih Buw?. beLum buka emaiLnya atau beLum tau cara mengapLikasikannya nih, atau bingung baca diktat katroknya?. hihihi...

deep yudha said...

Aduh om ,sampe lehernya sakit tiap tukang pos dilirik nunggu2 surat yang bertajuk "INI DIA" tapi kok belum ada tuh..? ada hikmahnya memang jadi tiap hari rajin bersihin kotak surat he..he...
Tentang Guru yang level satu, guru biasa yang sukanya bercerita mungkin yang dimaksud adalah yg seneng bercerita tapi tidak ada kaitannya dengan materi pelajaran . Yang ada adalah cerita keluarga kadang diulang-ulang sampe2 siswa jadi merasa bosan, entahlah bagaimana dia mengimplementasikan l\rencana pelajaran dan scenario pembelajarannya itu.
Makasih Om telah sempatkan mampir ditengah kesibukkannya posting berbagai artikel dan menjawab pertanyaan para pengunjung blognya yang makin ramai saja....

Anonymous said...

Semoga kita bisa menjadi orang-orang yang senantiasa menginspirasi setiap orang untuk berbuat kebajikan.
Saya dan keluarga menyampaikan: "Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1431 H. Mohon ma'af lahir batin. Taqabalallah minna wa minkum". Salam untuk keluarga dan semua pengunjung blog ini.

deep yudha said...

Semoga ya Pak, amiin yaa Robbal alamin. Terima kasih telah mampir menjelang hari nan fitri dengan ucapan yang sama saya beserta keluarga juga menghaturkan : Taqobalallahu mina wa minkum. SELAMAT IDUL FITRI 1431 H.MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.semoga amal ibadah kita di terima Allah SWT.Amin Ya Rabbal Alamiin.
Demikian juga kepada para pengunjung blog sederhana ini dan segenap saudara,famili, teman ,sahabat serta semuanya yang sering beraktifitas bersama.

Om Rame said...

berkunjung untuk mengucapkan, seLamat hari raya iduL fitri 1431 H.

biLa sekiranya seLama ini saya daLam perkataan maupun priLaku ada yang kurang berkenan di hati, mohon maaf Lahir dan batin. begitupun sebaLiknya. trims.

deep yudha said...

Terima kasih Om, sama-sama saya pun beserta keluarga menghaturkan : Taqobalallahu mina wa minkum.Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1431 Hijriah .Mohon maaf lahir dan batin semoga kita semua diperkenankanNya bertemu kembali bulan Ramadhan Nan Suci tahun depan Amin Ya Rabbal Alamiin.
Maaf hadiah lebarannya belum saya pakai ya Om, jangan marah ya...masih lebaran looh.

Om Rame said...

enggak apa2 Buw, nanti Lain kaLi kaLau Ibu sudah ada waktu Luang bisa kita bahas Lg.

Knowledger80 said...

mm iya guru...
Educate the neaxt generation
ada guru di rumah tangga yaitu orangtua,
ada guru di sekolah yang juga berperan sangat menumbuhkan semangat anak didik atau justru skeptik dan mengkerdilkan idealisme sang calon pemimpi..
dan ada guru hati saat kita berdoa dan meminta petunjukNya..
mampir ya bu di blog amatir saya
http://knowledger80.blogspot.com
salam

deep yudha said...

Betul Pak semoga kita semua senantiasa diberi kekuatan dan petunjukNya ,agar kta dapat jadi pendidik bagi generasi penerus calon pemimpin bangsa ini kelak siapapun dan sebagai apapun kita. Makasih telah mampir dan melengkapi dengan komentarnya.
Blog bapak keren loh sangat informatif...