My Jurney

Long Life Education

Saturday, August 21, 2010

Menumbuh Kembangkan Daya Kreatifitas

Suatu siang di salah satu televisi swasta ditayangkan sebuah acara dimana terlihat seorang ibu rumah tangga sedang mengolah daun jagung. Setelah saya perhatikan tahap demi tahap akhirnya saya melihat suatu hasil karya yang menakjubkan betapa tidak dari lembaran2 kulit jagung, setelah diolah sedemikian rupa jadilah berbagai barang indah. Baik itu berupa hiasan dinding, bunga pengisi vas penghias meja, dan banyak lagi
Sepintas tidak akan ada yang menyangka bahwa itu semua terbuat hanya dari seonggok kulit jagung yang oleh banyak orang mungkin hanya akan dibuang menjadi penghuni bak sampah semata. Setelah pengolahan kulit jagung kemudian ditayangkan pula pengolahan limbah shuttle kok yang berupa bulu2 angsa afkiran dari pabrik kok yang diolah menjadi berbagai hiasan cantik. Ternyata kesemuanya itu dapat menciptakan lapangan kerja bagi para ibu rumah tangga lain dan kebanyakan kaum wanita di sekitarnya karena hasil daur ulang benda2 yang semula nampak tidak berharga itu ternyata sangat laku di pasaran dan banyak permintaan yang kemudian datang dari berbagai kota di Indonesia .

Kita semua mungkin setuju kalau hasil karya yang dihasilkan para ibu rumah tangga seperti yang telah diceritakan diatas adalah sebagai contoh hasil kreatifitas seseorang. Karena menurut WikipediA (Ensiklopedi Bebas): kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau konsep baru, atau hubungan baru antara gagasan dan konsep yang sudah ada.Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran kreatif (kadang disebut pemikiran divergen) biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari kreativitas adalah tindakan membuat sesuatu yang baru. Nah di jaman sekarang dengan lahan kerja yang tersedia oleh pemerintah semakin terbatas, tentu saja makin banyak diperlukan lagi orang2 yang kreatif yang dapat menciptakan lapangan kerja, tidak saja bagi dirinya melainkan juga bagi banyak orang di sekelilingnya.

Lantas yang bagaimanakah ciri orang2 kreatif dan bagaimana cara mengembangkan daya kreatifitas yang kita miliki ? Menurut David Campbell, Ph.D, ciri-ciri orang kreatif diantaranya adalah , mempunyai kemampuan untuk :

- berkomunikasi dengan baik

- melahirkan ide2 dan gagasan2 baru, pemecahan, penemuan maupun solusi- solusi

- melihat masalah dari berbagai arah dan mengumpulkan fakta yg penting untuk menyelesaikan masalah penting yg sedang dihadapi.

- secara spontan mengganti cara pandang atau pendekatan yang tidak efektif

- berfikir dari satu ide ke segala arah

- menelurkan gagasan yang tidak lajim walau kadang tidak selalu baik tapi jarang dimiliki orang lain dan kadang mengejutkan.

- lebih memilih kerumitan daripada kemudahan, memilih tantangan daripada kenyamanan karena menurutnya hal tersebut akan menambah daya kreatif.

Ciri lain dari manusia kreatif adalah umumnya mempunyai banyak minat dan kecakapan dalam berbagai bidang (Multiple skills), pantang menyerah, berpikiran mandiri, lebih tertarik pada konsep yang umumnya menghasilkan pemecahan2 perkara yang kreatif dan seimbang.

Lantas bagaimana menumbuh kembangkan daya kreatifitas yang sedemikian penting ini? .Kreatifitas dapat ditumbuhkan bila kita berani mengambil resiko, belajar mencoba-coba suatu ide yang timbul, serta memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk berkarya. Keluarga dan pendidik dapat turut berperan serta dalam menumbuh kembangkan kreatifitas peserta didik denga cara ,diantaranya :

-tidak mudah mengkritik anak apalagi dengan pedas

-memberikan kesempatan pada anak untuk menggunakan berbagai cara dalam upaya menyelesaikan masalah

-menghargai anak sebagai pribadi yang penting dan sejajar

-memberi kesempatan mengambil keputusan

-melatih tanggung jawab

-memberi tauladan yang baik agar anak mendapat contoh dan pegangan untuk mengawali menuju sikap, cara dan gaya hidup serta kerja yang kreatif itu.

Nah jika anda ingin menjadi bagian penting dalam menjalani hidup sebagai orang kreatif, maka bangun dan kembangkanlah daya kreatifitas anda yang sudah tentu sebenarnya dimiliki juga oleh setiap orang.

[ Sumber Bacaan : Mengembangkan Kreatifitas (David Campbell, Ph.D) ]
Post a Comment