My Jurney

Long Life Education

Wednesday, March 9, 2011

TIGA CIRI GURU EFEKTIF

Waktu pelatihan guru di Al Jabr Education Center, pada saat pembukaan kami peserta mendapat seperangkat Kit Training yang didalamnya diantaranya ada beberapa buku penting yang sangat bermanfaat bagi kami dalam menambah wawasan. Satu diantara buku penting itu adalah " How to be an Effective Teacher The First Days Of School " oleh Harry K. Wong & Rosemary T. Wong yang diterjemahkan oleh Yudi Santoso,S.Fil menjadi "Menjadi Guru Efektif"
Secara keseluruhan buku ini sangat penting dan pasti bermanfaat bagi semua guru di tanah air, baik guru baru bahkan untuk guru lama sekali pun . Pada kesempatan ini saya mungkin hanya akan berbagi salah satu bagian saja yang ada pada buku ini yaitu " Tiga Ciri Guru Efektif". Tiga ciri Guru Efektif yaitu, :
1. Memiliki ekspektasi positif (memiliki harapan yang tinggi) terhadap kesuksesan siswa
2. Manajer kelas yang andal
3. Mengetahui cara merancang pelajaran untuk dapat dikuasai siswa
Kesemua ciri guru efektif tersebut berlaku bagi semua guru (Good. Thomas L. dan Jere Brophy / 2002). Perhatikan bahwa tidak satu pun dari ciri itu yang berkaitan dengan tingkatan kelas atau jenis siswa yang diajar. Ciri-ciri ini sudah Anda kenal dan bisa anda pelajari dengan mudah agar Anda dapat menjadi guru yang efektif.
Anda mungkin ingin berhasil menyampaikan pelajaran Anda, melakukan aktivitas-aktivitas yang menyenangkan, dan membagikan pengetahuan yang sudah Anda peroleh dengan penuh kekaguman. Namun demikian, hal-hal ini tidak akan terjadi sampai Anda menjadi mahir menguasai tiga ciri guru efektif. Mengajar bukan hanya menjelaskan bab demi bab atau melakukan aktifitas-aktifitas tertentu. Mengajar adalah sebuah keterampilan, sebuah seni yang harus dipelajari. Ketahuilah bahwa setiap kita adalah guru sekaligus siswa, dimana kita menjadi andal saat mengajarkan pada diri kita segala hal yang perlu kita pelajari.
Di lain kesempatan mungkin saya akan berbagi tentang tiga ciri guru efektif ini dengan lebih detail.




Post a Comment