My Jurney

Long Life Education

Wednesday, March 9, 2011

PENGUASAAN MATA PELAJARAN

Penguasaan pelajaran adalah bukti bahwa siswa memahami konsep atau memiliki kemampuan terhadap pelajaran seperti yang ditentukan skkd (standar kompetensi dan kompetensi dasar ).

Ketika sebuah rumah dibangun, kontraktor menerima sebuah cetak-biru dari arsitek. Cetak-biru ini menspesifikkan tingkat kompetensi yang bisa diterima. Mandor secara periodik akan memeriksa konstruksi dengan selalu melihat cetak-biru itu lebih dahulu,baru mengecek pekerjaan para tukang untuk melihat apakah yang mereka kerjakan sudah sesuai dengan tingkat kompetensi yang diminta.
Mengajar tidak berbeda dengan hal tersebut. Untuk mengajarkan sebuah keahlian terhadap pelajaran tertentu, guru efektif harus melakukan dua hal ini :
1. Mengetahui cara merancang pelajaran agar siswa bisa belajar suatu konsep atau kemampuan.
2. Mengetahui cara mengevaluasi pembelajaran untuk menentukan apakah siswa sudah menguasai konsep atau kemampuan yang diajarkan.
Keberhasilan siswa dalam pelajaran adalah hasil dari seberapa baik guru merancang cara memberikan pelajaran dan mengecek kemampuan siswa dalam menguasai pelajaran tersebut.

Post a Comment