My Jurney

Long Life Education

Sunday, July 10, 2011

Matrikulasi Peserta Didik Baru (Bridging Course) Di SMPN 2 SINDANG

Salah satu program kesiswaan di RSBI yang di selenggarakan di awal tahun ajaran baru adalah “Matrikulasi” atau “Bridging Course”, khusus di SMPN 2 Sindang tahun ini diselenggarakan pada tanggal 7 Juli sampai dengan 23 Juli 2011, dimulai jam 07.00 sampai jam 17.00 kecuali hari Minggu libur.

Bridging Course (BC) ini sesuai dengan arti katanya “Pelatihan sebagai Jembatan”, diharapkan  dapat berfungsi sebagai jembatan yang dapat mengatasi kesenjangan pengetahuan dan keterampilan dasar yang dimiliki para lulusan SD (Sekolah Dasar) yang notabene berasal dari berbagai sekolah dengan kemampuan yang beragam alias heterogen untuk dapat megikuti pelajaran di SMP Negeri 2 Sindang Indramayu. Dengan adanya program wajib belajar, sekolah tidak dapat menolak lulusan SD yang memiliki bekal awal tidak memadai,. Sehingga dengan adanya BC,  ketidak siapan yang disebabkan bekal awal yang tidak memadai ini dapat diminimalisir. Diharapkan BC juga dapat mengatasi ketidak merataan kesiapan para peserta didik baru untuk mengikuti proses belajar mengajar di sekolah ini nantinya.
Sudah tahun ke empat ini SMPN 2 Sindang bekerja sama dengan lembaga kursus bahasa Inggris Fee Centre dari Pare Jawa Timur yang dikenal dengan sebutan kampung Inggris dalam program Matrikulasi atau BC ini. Mengapa demikian ? sebab di RSBI, khusus pelajaran MIPA dan TIK menggunakan kata pengantar bilingual alias dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris . Mulai kelas tujuh bahasa yang digunakan antara Inggris – Indonesia perbandingannya adalah  (40-60) %  sedangkan di kelas delapan (60-40)% dan di kelas Sembilan (70-30) %.
Pola pembelajaran pada program matrikulasi ini terkait erat dengan upaya agar para peserta didik baru dapat mengenal lebih dekat lingkungan sekolah baru nya dengan segala komponen yang ada di dalamnya yang akan mereka akrabi sampai tiga tahun kedepan. Selain itu diharapkan mereka akan lebih mudah dan penuh keyakinan dapat menguasai apa yang akan mereka pelajari kelak pada pbm (proses belajar mengajar) yang sesungguhnya pada hari-hari efektif belajar. Sehingga pada program ini menggunakan prinsip pembelajaran : 1) Kontekstual, 2) Menyenangkan, 3) Kooperatif ,4) Based on Problem Solving (berdasarkan penyelesaian masalah).
Tujuan Matrikulasi :
  • Meningkatkan bekal awal peserta didik baru dengan cara mengulang materi esensial di SD yang sangat penting untuk persiapan mereka mengikuti pbm di SMP N 2 Sindang Kabupaten Indramayu.
  • Menyamakan bekal awal peserta didik baru agar antara satu siswa dengan yang lainnya tidak terlalu berbeda, sehingga akan lebih memudahkan guru dalam memulai pelajaran.
  • Membantu berbagai pihak untuk dapat memahami, mensosialisasikan dan program pengembangan bahasa Inggris bagi siswa Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional yang jelas-jelas membutuhkan dorongan dan dukungan berbagai pihak  di tanah air tercinta ini
Semoga…….
( Sumber : Penanggung jawab program RSBI SMPN 2 SINDANG , Pendi Susanto, M.Pd )


Post a Comment