My Jurney

Long Life Education

Friday, December 24, 2010

PEMUDA DAN TEKNOLOGI

http://speedycirebon.blogspot.com


Membicarakan pemuda dan teknologi sepertinya ibarat sedang membicarakan dua hal yang sangat penting dalam permasalahan, baik lokal maupun global, nasional maupun internasional. Bagaimana tidak pemuda adalah satu periode penting kehidupan manusia yang sangat memegang peranan dalam seluruh kehidupan manusia itu sendiri baik secara pisik maupun mental. Selain itu kedudukan pemuda juga sangat berperan baik bagi dirinya sendiri maupun bagi sekelilingnya. Sedangkan teknologi juga bagian penting dari upaya manusia dalam mempermudah kehidupan yang harus dijalani.
Penulis merasa tertarik ikut menulis tentang pemuda dan teknologi mengingat hal ini sangat penting peranannya dalam kemajuan bangsa Indonesia , tapi sayang sekali faktanya masih banyak pemuda yang tidak menyadari sepenting apakah gerangan keberadaan dirinya paling tidak yang “seharusnya” bagi dirinya dan masa depannya sendiri Untuk lebih jelas berikut ini penulis mengutip beberapa pengertian tentang pemuda dan teknologi.

Pengertian pemuda menurut berbagai sumber :
I .http://en.wikipedia.org/wiki/Youth
Di seluruh dunia, istilah "kaum muda", "remaja", dan "orang muda" yang dipertukarkan, sering berarti hal yang sama, kadang-kadang dibedakan[ 1 ]. Pemuda umumnya mengacu pada waktu hidup yang bukan masa kanak-kanak atau dewasa , melainkan di suatu tempat di-antara. [2] Pemuda juga mengidentifikasi pola pikir sikap tertentu, seperti dalam "Dia sangat muda berguna". "Dunia ini menuntut kualitas pemuda: bukan waktu hidup tetapi keadaan pikiran, temperamen kehendak, kualitas imajinasi, dominasi keberanian lebih timidity, nafsu untuk petualangan selama masa muda." - Robert Kennedy [ 3 ] - Pemuda adalah kata alternatif untuk remaja berorientasi ilmiah dan istilah umum dari remaja dan remaja [ 4 ] Usia di mana seseorang dianggap sebagai "pemuda", dan dengan demikian berhak atas perlakuan khusus di bawah hukum dan seluruh masyarakat bervariasi di seluruh dunia. batas Umur[5] "Pemuda ... orang-orang yang berusia antara tahun 15 dan 24." - United Nations General Assembly - Majelis Umum PBB [6] "Pemuda didefinisikan sebagai anggota masyarakat yang berusia antara 15 dan 34" - Dewan Pemuda Denmark

II.http://www.dudung.net/artikel-islami/pemuda-dalam-perjuangan.html
Pemuda adalah suatu umur yang memiliki kehebatan sendiri,menurut DR.Yusuf Qardhawi ibarat matahari maka usia muda ibarat jam 12 ketika matahari bersinar paling terang dan paling panas.Pemuda mempunyai kekuatan yang lebih secara fisik dan semangat bila dibanding dengan anak kecil atau orang-orang jompo.Pemuda mempunyai potensi yang luar biasa,bisa dikatakan seperti dinamit atau TNT bila diledakkan Subhanallah.
Sejarah pun juga membuktikan bahwa pemuda berperan penting dalam kemerdekaan.Dimana saja,di negara mana saja kemerdekaan tak pernah luput dari peran pemuda.Karena pemudalah yang paling bersemangat dan ambisius memperjuangkan perubahan menuju hal yang lebih baik. Hasan Al Banna seorang tokoh pergerakan di Mesir pernah berkata,"Di setiap kebangkitan pemudalah pilarnya, di setiap pemikiran pemuda lah pengibar panji-panjinya.".Begitu juga dalam sejarah Islam,banyak pemuda yang mendampingi Rasulullah dalam berjuangan seperti Mushaib bin Umair ,Ali bin Abi tholib,Aisyah dll.Waktu itu banyak yang masih berusia 8,10 atau 12 tahun.Dan usia-usia itu tidak dapat diremehkan.Mereka punya peran penting dalam perjuangan.Maka dari itu jika ingin Indonesia menjadi lebih baik maka perbaikan itu yang utama ada di tangan pemuda,Perbaikan itu akan tegak dari tangan pemuda dan oleh pemuda.

III.http://wahyuningtiyas.blogspot.com/2008/12/pengertian-pemuda-menurut-kamus.html
Princeton mendefinisikan kata pemuda (youth) dalam kamus Webstersnya sebagai “the time of life between childhood and maturity; early maturity; the state of being young or immature or inexperienced; the freshness and vitality characteristic of a young person”. "waktu kehidupan antara masa kanak-kanak dan jatuh tempo; jatuh tempo dini; keadaan masih muda atau belum matang atau berpengalaman, kesegaran dan karakteristik vitalitas orang muda".
Jadi pemuda identik dengan sebagai sosok individu yang berusia produktif dan mempunyai karakter khas yang spesifik yaitu revolusioner, optimis, berpikiran maju, memiliki moralitas, dsb. Kelemahan mecolok dari seorang pemuda adalah kontrol diri dalam artian mudah emosional, sedangkan kelebihan pemuda yang paling menonjol adalah mau menghadapi perubahan, baik berupa perubahan sosial maupun kultural dengan menjadi pelopor perubahan itu sendiri.

Pengertian Teknologi
I. http://izmeecutez.blogspot.com/2009/01/pengertian-teknlogi
Teknologi sebenarnya berasal dari kata Bahasa Perancis yaitu “La Teknique“ yang dapat diartikan dengan ”Semua proses yang dilaksanakan dalam upaya untuk mewujudkan sesuatu secara rasional”. Dalam hal ini yang dimaksudkan dengan sesuatu tersebut dapat saja berupa benda atau konsep, pembatasan cara yaitu secara rasional adalah penting sekali dipahami disini sedemikian pembuatan atau pewujudan sesuatu tersebut dapat dilaksanakan secara berulang (repetisi).
Sofyan Iskandar mengatakan...
Teknologi, berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata “Teknos” dan “Logos”, Teknos memiliki arti teknik atau alat, dan Logos berarti ilmu yang mempelajarinya. Jadi “Teknologi” memiliki arti ilmu yang mempelajari tentang alat-alat. Dalam perkembangannya Teknologi menjadi memiliki arti lain yaitu suatu penemuan peralatan yang sengaja diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Penemuan alat-alat sederhana seperti sandal, roda atau gunting kuku, itu juga termasuk sebagai teknologi.

II http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi
Secara etimologis, akar kata teknologi adalah "techne" yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek, atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau metode dan seni. Istilah teknologi sendiri untuk pertama kali dipakai oleh Philips pada tahun 1706 dalam sebuah buku berjudul Teknologi: Diskripsi Tentang Seni-Seni, Khususnya Mesin (Technology: A Description Of The Arts, Especially The Mechanical).
Dari ungkapan berbagai pengertian tentang pemuda dan teknologi seperti yang telah penulis kutip dari berbagai sumber dan penulis paparkan diatas, maka nampak betapa keduanya memiliki makna yang sangat penting dalam kehidupan ini sehingga harus disikapi dengan bijak oleh berbagai pihak, terutama oleh pemuda itu sendiri. Pemuda dalam usia antara 15 tahun – 34 tahun yang diibaratkan seperti matahari ketika jam 12 siang yang bersinar paling terang dan paling panas,.mengandung arti bahwa pada usia-usia ini pemuda sedang memiliki energi yang maksimal. Sedangkan Teknologi memiliki arti yaitu suatu penemuan peralatan yang sengaja diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sedangkan kaitan antara pemuda dan teknologi bisa dijabarkan sebagai manusia yang dalam usia produktif, penuh energi yang diharapkan dapat menciptakan teknologi dari yang sederhana sampai yang canggih atau sekedar dapat memanfaatkan teknologi yang ada. dengan sebaik-baiknya demi meningkatkan kualitas dirinya.
Nah yang jadi pertanyaan adalah, sudahkah para pemuda menyadari bahwa semua potensi yang dia miliki baik secara pisik maupun mental adalah masa keemasan yang harus benar-benar dia manfaatkan untuk menyusun masa depan dirinya, keluarga dan bangsa ini menuju masa yang lebih baik ? Bagaimana peran mereka dalam menciptakan teknologi yang akan menjadikan hidup ini lebih mudah ? Atau sudahkah paling tidak mereka menyadari bahwa kemajuan teknologi yang sudah sedemikian pesat mempunyai dua sisi yang kontradiktif, dapat sangat bermanfaat atau sebaliknya dapat sangat merusak dirinya, masyarakat bahkan bangsa ini. Sudah banyak sekali contoh yang menggambarkan bagaimana pemuda menciptakan teknologi atau sekedar memanfaatkan teknologi demi kemaslahatan. Tetapi banyak pula contoh pemuda yang menciptakan teknologi untuk tujuan kejahatan atau pemuda yang menyalah gunakan teknologi sehingga menimbulkan kerusakan dan kekacauan.
Sekarang tinggal bagaimana anda wahai para pemuda, peran yang mana yang akan anda pilih ? menciptakan teknologi untuk membangun atau merusak ? Memanfaatkan teknologi untuk kemajuan yang positif atau menyalah gunakan teknologi sehingga menjadi racun bagi diri, masyarakat atau bangsa ini ? Pilihan di tangan anda, pilihlah dengan bijak dan seksama.
Post a Comment