My Jurney

Long Life Education

Friday, December 31, 2010

Inspirasi dalam Perenungan Di Akhir Tahun 2010

Akhir tahun adalah saat yang tepat untuk mengadakan perenungan, evaluasi diri dan langkah, sudahkah kita melakukan yang terbaik, sebagai apa pun kita ?. Malam ini pun demikian , saya mencoba merenungkan perjalanan langkah saya setahun kebelakang baik itu saya sebagai anggota masyarakat, sebagai guru, sebagai ibu, sebagai rekan sejawat, sebagai teman juga sahabat, di dunia nyata maupun di dunia maya. Di peran yang manapun tentu saja kita senantiasa berusaha melakukan langkah terbaik sehingga tiap detik yang kita miliki adalah manfaat bagi sekeliling kita.

Di blog ini saya ingat pernah punya janji untuk share mengenai pengalaman mengikuti pelatihan guru selama tiga bulan di sebuah pusat pendidikan di Jakarta Selatan, tetapi walaupun sudah saya siapkan materinya namun saya belum dapat melaksanakan niat tersebut sehubungan saya merasa perlu mendapatkan ijin terlebih dahulu dari berbagai pihak terkait. Tetapi dalam perenungan malam ini saya ingin share kata-kata/ kalimat mutiara dari dua buah buku yang sempat saya pinjam di perpustakaan tempat kami pelatihan dan saya baca di waktu senggang .
Ø Dari Buku “MEMBUDAYAKAN ETOS KERJA ISLAMI” K.H. TOTO TASMARA :
1) “Setiap muslim menyadari bahwa dirinya hanya berharga apabila dia berkarya, mencipta dan mampu memberikan arti kepada lingkungannya”.
2) ”Mereka yang memiliki Etos Kerja memiliki semacam semangat untuk memberikan pengaruh positif pada lingkungannya. Keberadaan dirinya diukur oleh sejauh mana potensi yang dimilikinya memberikan makna dan pengaruh yang mendalam bagi orang lain”:
3) “Bekerja Itu Ibadah, Berprestasi itu Indah”.
Ø Dari buku : “MENJADI GURU EFEKTIF” HARRY & ROSEMARY T.WONG
1) Guru Efektif mengetahui cara membuka pintu hati dan mengajak siswa-siswa mereka untuk belajar.
2) Jika seorang siswa tidak bisa membuktikan hasil pencapaian belajarnya maka bukan siswa yang gagal belajar melainkan GURU dan Lingkungannya lah yang membuat siswa itu GAGAL.
3) Yang paling berharga dari semua yang ada di dunia adalah kemampuan kita membantu anak-anak mewujudkan potensi mereka sepenuhnya. (-Samuel J meisels-).
4) Setiap profesi memiliki caranya berpakaian yang tepat, demikian juga profesi GURU.
5) Sekolah adalah konsep yang didalamnya siswa-siswa disambut untuk belajar dan meningkatkan kualitas hidup mereka dalam bimbingan penuh keramahan dan perhatian terhadap orang lain, tanpa perlu merasa takut diintimidasi atau dilukai di dalam lingkungan yang bersih dan tertib.
6) Ketika Anda melihat guru yang benar-benar efektif, maka anda juga akan melihat dia sebagai seorang pribadi yang penuh perhatian, hangat dan dicintai.
7) Tingkatkanlah jumlah waktu siswa untuk bekerja, maka Anda akan meningkatkan pencapaian belajar mereka.
8) Anda mungkin tidak bisa mencintai semua orang, tetapi Anda bisa memberi dukungan positif tanpa batas.
9) Entah benar atau salah, entah akurat atau tidak, reputasi selalu mendahului pengenalan diri Anda kepada siapapun, oleh sebab itu “Jagalah REPUTASI mu wahai para guru, karena CITRA POSITIF akan meningkatkan Penjualan ANDA”.
Dua buah buku tadi sungguh memberi inspirasi dalam perenungan di akhir tahun ini, semoga perenungan ini dapat dijadilan acuan dalam menyusun kembali rencana dan langkah di tahun 2011. Selamat Tahun Baru 2011 semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Amiin Yaa Robbal Alamin.


7 comments:

Om Rame said...

setiap pergantian waktu seharusnya disikapi dengan kedewasaan akaL pikiran dan keLuasan hati untuk memperbaiki diri di setiap saat, keberhasiLan daLam mencapai apapun tentunya akan dinantikan dalam waktu dekat.

persepsi di atas merupakan suatu perenungan daLam ketika begitu sibuknya orang meLakukan acara penyambutan hari tersebut, Lupa makan, Lupa tidur, Lupa kemiskinan, dan Lupa Lain-Lain. sementara ada sesuatu yang Lebih penting untuk dipikirkan agar mendapat perbaikan kehidupan dan kebahagiaan seutuhnya, bukan hanya sekedar turut merayakan pesta omong kosong beLaka.

deep yudha said...

Makasih Om..hmmmm dalem banget komentarnya...begitulah di awal tahun sekarang ini adalah saat yang tepat mencanangkan rencana terbaik kita sehingga usia kita barokah adanya. Semoga Allah senantiasa memberi kita kekuatan untuk itu. Amiin Yaa Robbal alamin.

Anonymous said...

Selanjutnya, di awal 2011 ini, sudahkah kita membuat rencana yg matang untuk satu tahun ke depan?
Tulisan yang baik sekali Bu.
Mampir dan salam kenal.

deep yudha said...

Insya Alloh Mas Dira, banyak rencana tersusun dalam angan semoga dapat terealisir dengan baik. Amiin. Terima kasih atas kunjungannya, saya baru belajar menulis semoga akan lebih baik lagi dengan banyak blogwalking diantaranya ke blog Mas Dira yang sudah hebat.....

Admin said...

salam hangat...

menikmati refleksi akhir tahun dengan postingan motivatif...

imad said...

Sebelumnya saya mau ngucapin terimakasih, karena Ibu sudah mampir di Blog saya, saya ngga bisa berkomentar di blog ibu jika membicarakan tentang hidup, karena ibu memang lebih tau banyak dari pada saya.

Btw, link Blog ibu akan saya simpan (tukeran link), so go Blogger...hehehehe

deep yudha said...

Al Hikam : Terima kasih sudah jadi follower dan sudah berkunjung balik...blognya keren...salam hangat kembali.
Kang Imad : Trims link blog saya sudah tercantum di blognya, sudah saya pasang juga link nya.