My Jurney

Long Life Education

Thursday, December 6, 2012

Tugas Mandiri Timothy Elia Tallulembang Kelas IX E

Seperti pernah saya ulas dalam artikel Penilaian Proses Belajar Matematika, bahwa di awal tahun pelajaran, saya dan peserta didik saya membicarakan kesepakatan-kesepakatan penting. Diantaranya adalah tentang bagaimana cara mereka mendapatkan nilai raport.
Saya menyampaikan pada mereka bahwa susunan nilai raport mereka pada hakekatnya adalah mereka sendiri yang merencanakan. Ingin sebagus apa, biasa-biasa saja kah, pas kkm atau bahkan dibawah kkm. Untuk nilai matematika sendiri selama kurun waktu satu semester, kami sepakat ulangan harian diselenggarakan 4 kali, kemudian ada tugas mandiri terstruktur dan tidak terstruktur, baik individu maupun kelompok, juga penilaian catatan. Selain itu saya memberi kesempatan mereka untuk mendapat nilai tambahan dengan tugas mandiri berupa hasil karya inovatif yang ada kaitannya dengan matematika. Sebagai salah satu contohnya adalah slide berikut yang dibuat oleh salah seorang peserta didik saya sebagai upaya mendapatkan nilai ekstra.


No comments: