My Jurney

Long Life Education

Sunday, November 11, 2012

Praktek Statistika di Kelas IX Semester Ganjil,Tahun Pelajaran 2012/2013

Setelah secara teori peserta didik memahami statistik, terindikasi dengan dapat menyelesaikan soal-soal baik itu menentukan pemusatan ukuran, seperti menentukan mean, median, dan modus dari sekumpulan data. Menyajikan data dalam bentuk tabel, baik data tunggal maupun data berkelompok ataupun menyajikannya dalam berbagai diagram. Selain itu peserta didik juga dapat menapsirkan, menganalisis dan menyimpulkan data yang tersaji dalam bentuk berbagai diagram.
Di akhir proses pembelajaran kami berbincang tentang manfaat statistik dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam dunia usaha. Salah seorang peserta didik saya Haekal Roja siswa kelas IX E memberikan contoh bahwa menerapkan dan memanfaatkan statistik dalam dunia usaha ternyata sangat menguntungkan. Karena dia sedang belajar bisnis kecil-kecilan yaitu belajar jualan kaos team kesebelasan mancanegara, dengan sadar dia menghitung kaos team mana yang paling banyak diminati pembeli dari berbagai usia, setelah tau persis maka dia bisa memastikan kaos team mana yang harus disiapkan stoknya dalam jumlah lebih banyak. Berbagai contoh lain yang dikemukakan peserta didik saya sebagai manfaat penerapan statistik dalam kehidupan sehari-hari sangat melegakan saya sebagai gurunya, karena saya mendapatkan indikasi bahwa peserta didik saya umumnya telah paham betul dengan statistik.
Untuk lebih meyakinkan kami semua bahwa peserta didik sudah benar-benar memahami statistik dan kelak dapat mereka manfaatkan atau paling tidak menyadari manfaat statistik dalam kehidupan mereka sehari-hari, saya memberi tugas kelompok tidak terstruktur yang dapat dilakukan diluar jam belajar sekolah. Tugasnya yaitu merencanakan dan melakukan pengumpulan data, penyusunan, pemrosesan, penyajian sampai menganalisis dan mengambil kesimpulan tentang apapun data yang selama ini ingin mereka ketahui di seputar sekolah, dengan sampel objek penelitian adalah siswa SMPN 2 Sindang Indramayu, dari kelas manapun bebas sesuka mereka. Tugas ini dikumpulkan maksimal sebelum ulangan akhir semester (uas) berlangsung yaitu sekitar tanggal 10 Desember 2012. Tidak lupa saya perlihatkan hasil kerja kelompok kakak kelas mereka dari angkatan tahun pelajaran sebelumnya yaitu tahun pelajaran 2011/2012. Yang menakjubkan saya sebagai guru, ternyata belum satu minggu sudah ada yang mengirimkan hasil kerja kelompok mereka melaui e-mail saya. Saya berharap setelah melakukan praktek statistik ini para peserta didik kami akan benar-benar memahami apa yang telah mereka pelajari secara teori tentang statistik. Seperti yang tersirat dalam kalimat bijak seorang filsuf dan reformis China Confucius (551-479 Sebelum Masehi) :"I hear and I forget. I see and I remember. I do and I understand".

Berikut ini adalah hasil kerja dari dua kelompok kelas IX D.


2 comments:

Anonymous said...

memang betul dari bacaan diatas, saya memang menerapkan praktek statistik, thanks mom lilis, blognya emang bagus, follow me @HAEKALionel_FCB

deep yudha said...

he...he...namanya disebut yang punya nama muncul deh.....ok thanks....ntar ibu follow deh.....