Contoh RPP Matematika Kelas VIII, Semester Ganjil



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP)
Nama Sekolah               :    SMP Negeri 2 Sindang
Mata Pelajaran              :    Matematika
Kelas / Semester           :    VIII / 1 ( Ganjil )
Topik                             :    Aljabar
Sub Topik                     :    Operasi Bentuk Aljabar
Alokasi Waktu              :    2 Jam Pelajaran

A.           Standar Kompetensi     :    1.        Memahami bentuk aljabar, relasi fungsi dan persamaan garis lurus, dan Penggunaannya dalam pemecahan masalah.
B.            Kompetensi Dasar        :    1.3     Melakukan Operasi Aljabar dan menggunakan konsep Aljabar dalam pemecahan masalah
C.            Indikator              :-      1.1.1.   Menyelesaikan  operasi  tambah, kurang pada bentuk aljabar
                                                    1.1.2.   Menyelesaikan operasi perkalian, pembagian dan perpangkatan pada bentuk aljabar

D.           Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.   Mengartikan  koefisien,  variabel, suku satu, suku dua dan suku tiga, dalam variable yang sama atau berbeda
2.      Menyelesaikan operasi tambah,  kurang, kali  dan  pangkat dari suku satu, suku dua.
3.      Menyelesaikan operasi perkalian dan pembagian dengan suku sejenis atau tidak sejenis

E.            Materi
-                 Mengingat kembali pengertian bentuk aljabar, suku, suku sejenis, suku tidak sejenis, variable, koeffisien, konstanta, suku tunggal (monomial), suku dua (binomial), suku tiga (trinomial) dan suku banyak (polynomial).
-                 Pada bentuk aljabar, suku-suku sejenis memiliki variable-variabel yang sama dengan pangkat (eksponen) dari masing-masing variable juga sama.
-                 Menyederhanakan bentuk aljabar dengan melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang dapat dilakukan hanya apabila suku-sukunya sejenis.







 


 
 


F.             Pendekatan / Strategi / Metode Pembelajaran
1.             Pendekatan          : Scientific
2.             Metode                 : Diskusi
3.             Modul                  : Discovery dan Kooperatif
G.           Media / Alatdan Sumber Pembelajaran
1.             Media / alat
-                Laptop, Infokus
2.             Sumber Pembelajaran
a.             Buku Matematika SMP kelasVIII
b.             LKS

H.           Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Langkah- langkah model discovery
Deskripsi Kegiatan
Lokasi
Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi (stimulasi)
Pemusatan Perhatian :
·      Guru meminta siswa untuk mengamati bentuk-bentuk aljabar
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dibahas dan hubungannya dengan kehidupan sehari- hari.

KegiatanInti
Pembahasan tugas dan identifikasi masalah



Observasi


Pengumpulan data
Pengolahan data dananalisis



Verifikasi


Generalisasi
·         Menyampaikan informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu diskusi kelompok tentang Operasi Bentuk Aljabar khususnya penjumlahan dan pengurangan
·         Membagi siswa menjadi beberapa kelompok

·      Siswa melakukan diskusi kelompok untuk mengamati beberapa bentuk aljabar dan menyelidiki mana suku-suku sejenis dan yang tidak sejenis
·      Siswa melakukan pengamatan pada beberapa bentuk aljabar dan berdiskusi menentukan  koefisien, variable, suku sejenis dan bukan suku sejenis serta banyaknya suku,
·      Siswa berdiskusi menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan suku-suku aljabar dalam bentuk aljabar
·      Siswa mempresentasikan hasil diskusi kerja kelompok
·      Membahas hasil diskusi secara bersama-sama.

Penutup

·         Siswa dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang kinerjanya baik
·         Siswa menjawab kuis tentang operasi aljabar khususnya penjumlahan dan pengurangan (menyederhanakan bentuk aljabar)
·         Membuat kesimpulan bersama – sama.
·         Guru memberi tugas / soal untuk dikerjakan dirumah


I.              Penilaian
1.             Metode dan bentuk instrument
Metode
Bentuk Instrumen
Sikap
Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
TesTertulis
TesUraian

2.             Contoh Instrumen
a.             LembarPengamatanSikap
NO
NAMA PESERTA DIDIK
ASPEK YANG DINILAI
NILAI
Rasa
ingin
tahu
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok
Keterampilan berkomunikasi pada saat belajar
1.





2.





3.





4.





5.





6.






B.      Rubrik penilaian sikap
No.
Aspek
Rubrik
1.
Menunjukan rasa ingin tahu
1.    menunjukan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam kegiatan kelompok.
2.    menunjukan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
3.    tidak menunjukan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok walaupun sudah didorong untuk terlibat.
2.
Ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok.
1.    tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang dilakukan, berupaya tepat waktu berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukan upaya terbaiknya.
2.    Tidak berupaya sungguh – sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai.
3.
Berkomuniksi
1.    aktif dalam tanyajawab, dapat mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.    aktif dalam Tanya jawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide, menghargai pendapatsiswa lain.
3.    Aktif dalam tanyajawab, tidak ikut mengemukakan gagasan atau ide,kurang menghargai pendapat siswa lain.


J.       Instrumen soal pengetahuan
Soal uraian
1.      Tentukan variable, koefisien, konstanta dan banyaknya suku pada bentuk-bentuk aljabar berikut
Bentuk Aljabar
koefisien
variabel
konstanta
Banyaknya suku
a.      5a




b.      2a+ 6




c.       7xy- y -8




d.      5x-3y+1




e.       12c




                                                                                            
2.      Selidiki manakah suku-suku yang sejenis pada bentuk aljabar berikut :
a.       4y + 2x - -5y
b.      9 + 3xy – 6  + 5xy +
c.       7 – xy +  3 + 3xy - 2
d.      3  -  + ab - -  + 4  + 2
                       

Nama               : ..........................................
Kelas               : ..........................................
No. Absen       : ..........................................
Nilai                : ..........................................           

 





LKS
(LEMBAR KERJA SISWA)
Operasi Bentuk Aljabar

I.              Tujuan
1.             Untuk mengetahui variable, koefisien, konstanta, suku sejenis dan tidak sejenis serta banyaknya suku pada bentuk aljabar.
2.             Dapat menyederhanakan bentuk aljabar dengan cara menghitung hasil operasi penjumlahan dan pengurangan pada bentuk aljabar.


II.                1. Pada bentuk aljabar, suku-suku sejenis memiliki variable-variabel yang sama dengan pangkat (eksponen) dari masing-masing variable juga sama.
2. Menyederhanakan bentuk aljabar dengan Operasi penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar  yang dapat dilakukan apabila suku-sukunya sejenis.
III.             Diskusi Kelompok

 

 

 
1.             Amati bentuk-bentuk aljabar berikut dan tentukan yang mana suku-suku sejenis :\
a.       5a -3a +1
b.      2+ 5x -  + x + 5
c.       3y + 2x -5y –x +1 + 6
d.      9 +8xy – 3  +5 + 10 xy

2.      Sederhanakan bentuk aljabar berikut dengan cara menjumlahkan atau mengurangkan suku sejenis :
a.       6a -9a
b.      8x – 2x + x
c.       5  -4x -2 + 7x + 5
d.      15  + 3 – 5 - 5


Jawab :
1.………………………………………………………………………………..
a. .............................................................................................................................
b. .............................................................................................................................
c. .............................................................................................................................
d. .............................................................................................................................
2………………………………………………………………………………..
a. .............................................................................................................................
b. .............................................................................................................................
c. .............................................................................................................................
d. .............................................................................................................................




Kelompok       : ..........................................
Nama               : ..........................................
                        : ..........................................
                        : ..........................................
                        : ..........................................
                        : ..........................................
Nilai                : ..........................................           

 
 



4 comments: