My Jurney

Long Life Education

Friday, September 21, 2012

Menemukan Rumus Luas Permukaan Tabung dengan Metode Pembelajaran Learning By Doing


Seperti yang saya kutip dari sebuah artikel tentang Metode Pembelajaran , salah satu teori belajar yang diungkapan Ngalim Purwanto dalam Psikologi Pendidikan yang mengutip pendapat Morgan dalam bukunya Introduction to Psichology mengemukakan “Belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil dari latihan atau pengalaman. Metode yang dimaksud didasarkan pada model pembelajaran yang dipakai, model pembelajaran dalam hal ini diartikan sebagai acuan proses perubahan tingkah laku yang dihasilkan melalui pengalaman.
Keterlibatan langsung anak didik dalam proses edukatif menjadi pengalaman terarah yang diharapkan mengakar pada diri peserta didik. Karena pengalaman memberikan arah positif pada seleksi dan organisasi terhadap berbagai materi dan metode pendidikan yang cocok, inilah upaya untuk memberikan arah baru bagi tugas sekolah. Dengan demikian belajar merupakan proses yang tidak bertujuan mengembangkan secara spontan segala potensi bawaan, melainkan bertujuan merangsang proses perkembangan yang berlangsung melalui suatu urutan tahap yang tetap, dengan cara menyajikan berbagai masalah dan konflik riil yang dapat diatasi atau diselesaikan oleh anak secara aktif “by doing it”
    
      Bentuk-bentuk Learning by Doing, diantaranya adalah :
      -Mengajak peserta didik beraktivitas 
p             Yaitu proses interaksi edukatif melibatkan intelek-emosional peserta didik untuk meningkatkan aktivitas dan motivasi mereka. Bentuk pelaksanaanya antara lain adalah mengajak peserta didik melakukan aktivitas atau bekerja di laboratorium, di kebun/lapangan sebagai bagian dari eksplorasi pengalaman, atau mengalami pengalaman yang sama sekali baru..
- Mengajar dengan pengalihan
Yaitu pengajaran yang mengalihkan (transfer) hasil belajar kedalam situasi-situasi nyata. Guru memilih metode simulasi (mengajak anak didik untuk melihat proses kegiatan seperti cara berwudlu dan sholat) dan metode proyek (memberikan kesempatan anak untuk menggunakan alam sekitar dan atau kegiatan sehari-hari untuk bertukar pikiran baik sesama kawan maupun guru)  untuk pengalihan pengajaran yang bukan hanya bersifat ceramah atau diskusi, tetapi mengedepankan situasi nyata.Dalam hal belajar matematika, metoda learning by doing salah satu contohnya adalah menemukan rumus.
Dalam materi pelajaran kelas IX semester ganjil Kompetensi Dasar :   2.2. Menghitung luas selimut adan luas permukaan serta volume dari tabung, kerucut dan bola. Peserta didik diarahkan dan difasilitasi oleh guru untuk dapat menemukan rumus luas permukaan tabung baik secara individu maupun kelompok. Berikut ini adalah diantara slide yang dapat menuntun, mengarahkan dan memfasilitasi peserta didik dalam menemukan rumus luas permukaan tabung dilanjutkan mengimplementasikan nya dalam menyelesaikan problem solving. Semoga bermanfaat, baik bagi peserta didik maupun para guru matematika khususnya, dan guru mata pelajaran lain umumnya.

9 comments:

Anonymous said...

Bu,saya sudah mendownload. Terima Kasih :D
Diajeng Putri IXD

Anonymous said...

Saya juga.. hehe thanks..

alwan IX d

deep yudha said...

Ok Alwan, Ajeng, trims atas semangatmu belajar dari media ini...selagi bisa manfaatkanlah sumber belajar dari manapun yaa....semoga sukses....

Anonymous said...

ibu, ane (selviane andini) IX E juga udah download

terimakasih :)

deep yudha said...

Ok Anne semoga sukses yaa..trims...selamat hasil ulangan mu mendapat nilai seratus .....

Hafiz Albarr said...

teringat dapet nilai 100 waktu SMP, rasanya bangga ya bu, hasil kerja sendiri itu punya kebanggaan tersendiri bu..

deep yudha said...

wah kang Hafiz lagi inget bu guru SMP nya, syukurlah kalau ada kenangan manis mendapat coklat he..he...kenikmatan memperoleh hasil dari kejujuran memang riada tara....gimana di SMN 2 Cirebon...? asyik kan...? trims yaa sudah berkunjung lagi....

Anonymous said...

ibuuu Yeshie, Silvi, Norma, Rina, Widya sudah mendownload, (9E)

Terimakasih :D

deep yudha said...

ok Yeshie, Silvi, Norma, Rina, Widya, trims sudah memanfaatkan apa yang ibu share disini...semoga menjadi inspirasi yang positif bagi semangat belajar matematika kalian.....jangan lupa tugas kelompoknya dikerjakan sambil menyiapkan diri menghadapi UTS.....