My Jurney

Long Life Education

Friday, November 18, 2011

Mensyukuri Era Teknologi Dengan Memaksimalkan Penggunaannya

Alhamdulillah nikmat betul hidup di era teknologi seperti sekarang ini, kenapa demikian ?. Teknologi yang memiliki arti atau definisi , yaitu :" suatu penemuan peralatan yang sengaja diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia termasuk didalamnya teknologi informasi dan salah satu nya adalah Internet ". Sedangkan internet itu sendiri dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia dan berfungsi menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia dimana didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Dan sesuai pengertian diatas dengan teknologi, tentu saja manusia dapat mempermudah pekerjaannya termasuk juga dalam berkomunikasi dan menyerap informasi demi meningkatkan kualitas dirinya.
Sebagai guru, tentu saja saya pun tidak ingin ketinggalan untuk turut memaksimalkan manfaat teknologi, khususnya teknologi internet sebagai salah satu bentuk e learning (belajar melalui media elektronik). Apalagi sejak sekolah kami ditetapkan menjadi RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) berdasarkan SK Direktorat PSMP Dirjen Man.Dik.Das Men.no.543/C3/KEP/2007/Dep.Dik.Nas (baca juga how far are you RSBI, dimana kami sebagai guru tentu saja dituntut untuk dapat lebih meningkatkan sdm kami agar bisa mumpuni dan segera dapat menyesuaikan diri dengan tugas-tugas kami yang pasti akan lebih menantang. Khususnya kami guru Mipa (matematika- IPA), yang dituntut agar dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan teknologi dan menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Untunglah di era teknologi internet sekarang ini dimana sudah demikian banyak guru dan praktisi pendidikan serta pemerhati pendidikan yang melek internet yang turut menyumbang konten dan berbagi di berbagai media, seperti blog, twitter dan facebook. Sehingga saya pun dapat turut merasakan manfaatnya dan sebagai guru saya bisa “XLangkah Lebih Maju”.
Banyak sekali manfaat yang bisa saya dapat dengan ber “internet” ria sebagai guru, diantaranya memperkaya kemampuan bahasa Inggris saya melalui Kursus bahasa Inggris online , memperkaya wawasan dengan sering berkunjung ke blog para pakar pendidikan seperti pak Akhmad Sudrajat, bapak Dr Uhar Suharsaputra  misalnya, memperkaya bahan ajar , serta meningkatkan tehnik mengajar , berdiskusi dengan kolega dari berbagai penjuru dunia sekalipun, dari mulai teman-teman guru di tanah air, seperti pak  Budi , bu Sri Rahayu, pak Teguh Sasmito, pak M.Mursyid PW , pak Ferdiansyah Syaiful Hijrah, pak Nurhadi, pak Wijaya Kusumah  dll, sampai teman-teman guru dari manca negara seperti pak Amin, Bu Siti Fatimah Ahmad, The National Council of Teachers of Mathematics, Deb Russell dan bergabung dengan komunitas Guru Pintar On Line  serta saling berbagi inspirasi. Dan yang tidak kalah penting adalah dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih menarik bagi peserta didik saya serta dapat lebih memahami dunia mereka dengan sering berkomunikasi dan bergabung juga dengan komunitas mereka melalui akun facebook dan twitter mereka. Nah bagaimana teman-teman guru ? saya adalah guru yang memang sudah “Xlangkah Lebih Maju” bukan ?

Post a Comment