My Jurney

Long Life Education

Sunday, February 27, 2011

Sumber Bahagia ? Jangan Terlalu Jauh Mencarinya ......


Saya pernah dengar pepatah bijak, jika kita ingin mencari kebahagiaan jangan terlalu jauh mencarinya karena dia ada di sekitar kita. Dimanakah dia ? Jika Anda adalah guru atau pelajar mari kita amati bahwa sebenarnya sumber kebahagiaan Anda adalah di sekolah. Agar lebih mudah membayangkan nya kita mulai menghitung sumber kebahagiaan seorang siswa, mulai dari berangkat dari rumah dalam keadaan berwudu, bersalaman dan pamitan kepada orang tua sambil mengucap salam.

Friday, February 25, 2011

Gallery Work

Gallery Work adalah tempat memajang hasil pekerjaan, di ruang kelas sebaiknya disediakan tempat untuk memajang hasil karya siswa. Baik itu hasil kerja individu maupun hasil kerja kelompok. Guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang biasanya sering menugasi siswanya membuat karya tulis berupa cerpen, puisi, kliping maupun jenis karya tulis lain sebaiknya kemudian memberi kesempatan memajang karya mereka pada gallery work yang ditempatkan di tempat yang strategis di dalam kelas maupun di luar kelas. Tehnis pemajangan mungkin bisa disepakati bersama, apakah yang dipajang itu karya terbaik sesuai kriteria penilaian yang sebelumnya telah disampaikan oleh guru atau ada kesepakatan lain.

Tuesday, February 22, 2011

Tehnik Mengelompokkan Siswa ( Grouping ).

Dalam proses belajar mengajar (pbm) kadang diperlukan pengelompokkan siswa, baik itu untuk pbm di kelas (diskusi sampai dengan presentasi) maupun di luar kelas (survey, observasi, penelitian, percobaan, praktikum, dll). Tehnik pengelompokkan yang baik akan membantu siswa dalam :
      -    Mengenal lebih dekat karakter teman hingga bisa belajar toleransi
-          Belajar bersosialisasi dengan teman-teman sekelasnya.
-          Mengurangi gap antar teman (jika ada)
-            Mendalami materi ajar

Wednesday, February 16, 2011

Pengalaman Mengikuti Pelatihan Guru di AlJabr Education Center

Memenuhi janji untuk berbagi pengalaman ketika penulis mengikuti pelatihan guru selama kurang lebih dua belas minggu dimulai tanggal 21 September 2010 bertempat di Yayasan Al Jabar Education Center (baca "Mendapat Kejutan Manis di Hari Jum'at")  Saya bersama tiga guru utusan Provinsi Jabar lainnya yang berasal dari kabupaten dan kodya Bandung mendapat kehormatan diantar langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Bapak Prof.Dr H. Moh Wahyudin Zarkasyi, CPA ke tempat pelatihan di wilayah Jakarta Selatan. 

Tuesday, February 15, 2011

Essential Agreement

Seperti telah saya janjikan sebelumnya, saya akan berbagi pengalaman yang saya peroleh dari pelatihan guru selama kurang lebih dua belas minggu di Al Jabar Education Center. (Baca artikel sebelumnya “Pengalaman Mengikuti Pelatihan Guru di Al Jabr Education Center ).

Wednesday, February 9, 2011

Menyelami Lebih Dalam Matematika dengan The Six Thinking Hats ( Enam Topi Berfikir )


Enam Topi Berfikir adalah sebuah metode yang diciptakan oleh Edward de Bono dalam bukunya “The Six Thinking Hats” dimana Edward de Bono memperkenalkan cara berfikir yang keluar dari kebiasaan berfikir diri sendiri dan mencoba menggunakan pemikiran orang lain. Enam Topi Berfikir ini digambarkan dengan enam topi yang terdiri dari enam warna yaitu :
1. Topi Putih, menggambarkan suatu fakta atau informasi dari realita yang ada.
2. Topi Merah, menggambarkan inisiatif yang timbul setelah melihat fakta yang ada.
3. Topi Biru, menggambarkan sebuah proses yang terjadi
4. Topi Hijau, menggambarkan kreatifitas yang muncul
5. Topi Kuning, menggambarkan tinjauan positif tentang sebuah fakta
6. Topi Hitam, menggambarkan tinjauan negatif tentang sebuah fakta